Sikap (S) | |
S1 | Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban berdasarkan Pancasila |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya secara mandiri |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
Keterampilan Umum (KU) | |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifikhasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengungahnya ke laman perguruan tinggi |
KU5 | Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok serta melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian perkerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
Keterampilan Khusus (KK) | |
KKI | Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum |
KK2 | Mampu mengembangkan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah/madrasah secara baik dan tepat |
KK3 | Mampu mengembangkan media, alat dan bahan ajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
KK4 | Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, kreatif dan inovatif pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah |
KK5 | Mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi |
KK6 | Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah |
KK7 | Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat |
KK8 | Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah, di komunitas akademik maupun dan di masyarakat |
KK9 | Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran |
KK10 | Mampu melaksanakan tindakan reflektif berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah |
KK11 | Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar |
KK12 | Mampu menghafal ayat-ayat al-Qur’an dan hadis-hadis pendidikan |
Pengetahuan (P) | |
P1 | Menguasai konsep teoretis tentang tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) |
P2 | Menguasai konsep teoretis tentang perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
P3 | Menguasai konsep teoretis tentang pengembangan media, alat dan bahan ajar Pendidikan Agama Islam |
P4 | Menguasai konsep teoretis tentang strategi dan pengembangan pembelajaran PAI |
P5 | Menguasai konsep teoretis tentang kaidah penulisan jurnal nasional bereputasi |
P6 | Menguasai konsep teoretis tentang teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) |
P7 | Menguasai konsep teoritis tentang integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) |
P8 | Menguasai konsep teoretis public speaking |
P9 | Menguasai konsep teoretis tentang penilaian proses dan penilaian hasil belajar PAI (Pendidikan Agama Islam); |
P10 | Menguasai konsep teoretis tentang Metodologi Penelitian Pendidikan |
P11 | Menguasai konsep teoretis tentang etika dan profesi guru |
P12 | Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Al-qur’an-Hadits sebagai sub keilmuan dari PAI (Pendidikan Agama Islam) |
P13 | Menguasai konsep teoretis tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi |
P14 | Menguasai konsep teoretis tentang dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin |
P15 | Menguasai konsep teoretis tentang karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran |
P16 | Menguasai konsep teoretis tentang filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraanpendidikan dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) |
P17 | Menguasai konsep teoretis tentang instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari tugas pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) |
P18 | Menguasai konsep teoretis tentang teori belajar dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) |
- Home
- Akademik
- _Profile Lulusan
- _Kurikulum
- _Hasil Pembelajaran
- _Prosedur Pembelajaran
- _Penilaian
- _Qualifikasi Lulusan
- Mahasiswa
- _Himpunan Mahasiswa
- Alumni
- _Lulusan
- _Pusat Karir
- Tracer studi
- _Lowongan Pekerjaan
- Informasi
- _Penerimaan Mahasiswa Baru
- _Tingkat Kelulusan
- Staf
- _Tendik
- _Dosen
- Fasilitas
- _Laboratorium
- _Student Research Center
- _Perpustakaan