Hasil pembelajaran




Sikap (S)

S1

Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban berdasarkan Pancasila

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya secara mandiri

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Keterampilan Umum (KU)

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifikhasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU4

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengungahnya ke laman perguruan tinggi

KU5

Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

KU7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok serta melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian perkerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

KU9

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Keterampilan Khusus (KK)

KKI

Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum

KK2

Mampu mengembangkan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah/madrasah secara baik dan tepat

KK3

Mampu mengembangkan media, alat dan bahan ajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam

KK4

Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, kreatif dan inovatif pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

KK5

Mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi

KK6 

Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

KK7

Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat

KK8

Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah, di komunitas akademik maupun dan di masyarakat

KK9

Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran

KK10

Mampu melaksanakan tindakan reflektif berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

KK11

Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar

KK12

Mampu menghafal ayat-ayat al-Qur’an dan hadis-hadis pendidikan

 Pengetahuan (P)

P1

Menguasai konsep teoretis tentang tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam)

P2

Menguasai konsep teoretis tentang perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam

P3

Menguasai konsep teoretis tentang pengembangan media, alat dan bahan ajar Pendidikan Agama Islam

P4

Menguasai konsep teoretis tentang strategi dan pengembangan pembelajaran PAI

P5

Menguasai konsep teoretis tentang kaidah penulisan jurnal nasional bereputasi

P6

Menguasai konsep teoretis tentang teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam)

P7

Menguasai konsep teoritis tentang integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam)

P8

Menguasai konsep teoretis public speaking

P9

Menguasai konsep teoretis tentang penilaian proses dan penilaian hasil belajar PAI (Pendidikan Agama Islam);

P10

Menguasai konsep teoretis tentang Metodologi Penelitian Pendidikan

P11

Menguasai konsep teoretis tentang etika dan profesi guru

P12

Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Al-qur’an-Hadits sebagai sub keilmuan dari PAI (Pendidikan Agama Islam)

P13

Menguasai konsep teoretis tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi

P14

Menguasai konsep teoretis tentang dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin

P15

Menguasai konsep teoretis tentang karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran

P16

Menguasai konsep teoretis tentang filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraanpendidikan dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam)

P17 

Menguasai konsep teoretis tentang instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari tugas pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam)

P18

Menguasai konsep teoretis tentang teori belajar dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam)